• Garis Waktu UKM KARISMA

 

1 2 3 4

  • Sejarah Perubahan Nama

            Awal didirikannya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam (ROHIS) yaitu pada tahun 1993. Berdirinya organisasi ROHIS ini tertulis jelas dalam Anggaran Dasar pada Bab II Pasal 3 mengenai waktu dan Tempat Kedudukan. Seiring berjalannya waktu, UKM ROHIS Politeknik Negeri Sriwijaya ini telah diresmikan bernama UKM ROHIS Al Islam.

UKM ROHIS Al Islam sering mengikuti berbagai Forum baik berskala Regional mapun Nasional, salah satu Forum Nasional yang pernah diikuti ialah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional ke-14 (FSLDKN XIV) yang diadakan di UNILA, Lampung pada tanggal 28 Juli – 2 Agustus 2007. Atas dasar kesepakatan forum Nasional inilah nama ROHIS pada seluruh Universitas ataupun Politeknik di Indonesia harus diganti menjadi Lembaga Dakwah Kampus / Fakultas (LDK / LDF). Maka dari itu UKM ROHIS Al Islam berinisiatif mengadakan sidang komisi B pada setiap Musyawarah Besar yangmana di komisi B ini diberikan amanah untuk membahas AD/ ART Organisasi. Alhasil, pada tanggal 27 Januari 2008, UKM ROHIS AL ISLAM diubah namanya menjadi UKM LDK AL ISLAM.

 Wacana pergantian nama ini sebenarnya sudah muncul di internal organisasi semenjak MUBES tahun 2008 lalu namun dikarenakan keterbatasan waktu dan lain sebagainya kesepakatan MUBES tahun 2008 hanya sebatas penyempurnaan nama LDK. Kemudian pada MUBES berikutnya, tepatnya tanggal 26 April 2009 telah disepakati sebuah penyempurnaan nama LDK Politeknik Negeri Sriwijaya yang dulunya bernama UKM LDK AL ISLAM menjadi UKM KARISMA (KELUARGA TARBIYAH ISLAMIYAH).

Hingga MUBES pada tanggal 31 Mei 2014 pun menghasilkan kesepakatan pada sidang komisi B untuk menambah Politeknik Negeri Sriwijaya pada UKM KARISMA menjadi UKM KARISMA POLSRI.

Terkait penyempurnaan nama LDK ini bukanlah sebuah hal yang bersifat dadakan tapi sudah menjadi bahan perenungan dari berbagai saran, nasihat, serta kritikan yang lumayan sering masuk ke telinga. Alasan yang mendasari penyempurnaan nama ini adalah pertama banyak menimbulkan ambigu di beberapa orang baik di kalangan mahasiswa ataupun birokrat di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya sendiri, karena LDK kami dalam struktural ORMAWA  (Organisasi Mahasiswa) di kampus berada di tingkatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan berkoordinasi dengan BEM. Jadi ketika harus menggunakan nama UKM LDK AL ISLAM akan terdapat dua kata yang membingungkan karena dipakai bersama yakni UKM dan LDK, UKM = Unit Kegiatan Mahasiswa sedangkan LDK = Lembaga Dakwah Kampus sepertinya agak menimbulkan kontradiktif makna. Itulah alasan disepakatinya nama UKM KARISMA, dan KARISMA sendiri merupakan sebuah bentuk dari LDK meskipun tidak secara formal ditulis dalam manhaj (pedoman) organisasi. Alasan kedua karena nama LDK yang dipakai sebelumnya yakni AL ISLAM terasa kurang terasa maknanya sebagai nama sebuah lembaga dakwah kampus, karena memang ISLAM yang menjadi asas dalam pergerakan organisasi ini.­

  •  Filosofi mengapa harus KARISMA

Keluarga, mendengar kata keluarga akan membuat naluri perasa mendapatkan sinyal perasaan yang sama akan sebuah nilai kasih sayang yang tulus, saling tolong menolong, dan keterbukaan, dan masih banyak lagi nilai-nilai kekeluargaan yang amat sangat penting untuk diterapkan dalam budaya berorganisasi.

Tarbiyah, secara harfiah (bahasa) tarbiyah berasal dari bahasa Arab yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti pendidikan. Tetapi penggunaan kata tarbiyah sendiri di kalangan aktivis dakwah biasanya sudah mewakili maknanya sebagai sebuah pendidikan/ pembinaan keIslaman. Tanpa tarbiyah maka sungguh hanya ada kehampaan dan kehambaran yang ada dalam lembaga dakwah kampus ini, karena pondasi dasar dakwah ini dibangun dari tarbiyah.

Islamiyah, kata terakhir ini menunjukkan penekanan bahwasanya dakwah ini adalah dakwah Islam, pendidikan atau pembinaan kader yang dilakukan rutin di tiap minggu merupakan proses pentransferan nilai-nilai Islami kepada objek dakwah dalam hal ini mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *