karismaexpo

karismaexpo

 

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-23, UKM KARISMA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA mempersembahkan “KARISMA EXPO 2016” dengan tema “Muslim In Action : Change Ourselves, Change Our World’ yang diselenggarakan pada tanggal 23-24 April 2016 bertempat di Graha Pendidikan POLSRI. Acara ini merupakan salah satu sarana mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan mahasiswa umum lainnya untuk lebih berani menunjukkan identitasnya sebagai pemuda Islam yang memiliki semangat dan juga ikut peduli terhadap kondisi bangsa Indonesia, khususnya umat Islam, di era modernisasi ini.

Sabtu, 23 April 2016, acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Ir.Irawan Rusnadi, M.T. selaku Pembantu Direktur III dengan pemukulan gong dan pemotongan kue. Masih di hari yang sama, acara dilanjutkan dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh ±300 peserta yang terdiri dari perorangan dan tim dari berbagai Perguruan Tinggi dan SMA se-Sumatera Selatan. KARISMA EXPO 2016 kali ini membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengeksplor bakatnya dalam 6 cabang lomba, di antaranya lomba da’i/da’iyah, nasyid, tilawatil quran (TQ), seni kaligrafi, mading 3 dimensi, dan film pendek islami.

Masing-masing lomba dimulai pada pukul 10.00 hingga 16.30 wib. Lomba-lomba tersebut diadakan di beberapa lokasi yang berbeda, tetapi masih berada di lingkungan kampus Politeknik Negeri Sriwijaya. Lomba nasyid dan film pendek islami berlangsung di graha pendidikan Polsri. Penampilan grup nasyid dan pemutaran film pendek dilakukan secara bergantian. Sementara itu lomba mading 3D dan kaligrafi diadakan di gedung jurusan teknik sipil. Di waktu yang sama juga berlangsung lomba da’i/da’iyah di aula KPA dan lomba tilawatil Qur’an di Masjid Ath-Thuroiqi Polsri.

Di hari berikutnya, Minggu, 24 April 2016, Tabligh Akbar dengan tema “Peran Pemuda Muslim Dalam Membangun Peradaban Islam” bersama Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub yang merupakan Mantan Wakil Ketua Kom. Fatwa MUI dan Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta. Peserta Tabligh Akbar sangat antusias menanggapi materi yang disampaikan oleh sang Ustadz yang dibuktikan dengan munculnya beragam pertanyaan mengenai problematika yang dihadapi para pemuda muslim masa kini.

Selanjutnya adalah bagian acara yang sangat ditunggu-tunggu peserta lomba, ya, pengumuman pemenang untuk masing-masing lomba dengan kategori pelaajar dan mahasiswa.

Acara diakhiri dengan pemutaran film pendek berjudul “Ku Hijrahkan Diriku”, persembahan dari Ldk Karisma untuk agenda KARISMA EXPO 2016 Check this out 

Seluruh rangkaian acara KARISMA EXPO 2016 ditutup secara resmi dengan pemukulan gong oleh Akhuna Wahyudi selaku Wakil Ketua 1 UKM KARISMA mewakili Bapak Pembantu Direktur III yang berhalangan hadir saat itu.

Agenda terbesar dari UKM KARISMA ini cukup berbeda dari perayaan pada tahun sebelumnya. Selain perlombaan dan Tabligh Akbar, KARISMA EXPO 2016 juga diramaikan dengan adanya kegiatan bazar yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 2016, donor darah oleh PMI pada tanggal 23 April 2016, serta periksa kesehatan secara gratis oleh DPU-DT pada tanggal 24 April 2016 yang berlangsung pukul 09.00-11.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *