13987954_911719832267453_785436152_oPolsri – UKM Karisma (Keluarga Tarbiyah Islamiyah) Politeknik Negeri Sriwijaya mengawali kepengurusan barunya dengan mengunjungi 9 sekretariat HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Polsri. Kunjungan yang dipimpin langsung oleh ketua umum Karisma R. Elji Silisia beserta 3 anggota lainnya, Rizky Ramadhan Marlamsya (Wakil Ketum 1), Elita Yuliana (wakil ketum 2) serta Fradina (sekretaris Divisi Syiar) berlangsung selama tiga hari (3, 4 dan 8 Agustus 2016). Elji mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh UKM Karisma. “Ada  banyak inovasi yang akan kami lakukan di kepengurusan tahun ini (2016/2017) salah satunya adalah melakukan kunjungan ke ormawa-ormawa Polsri lainnya,” ungkap mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini.

Kunjungan yang berdurasi rata-rata 45 menit ini bertujuan untuk menjalin silaturahim dan mesosialisasikan kegiatan-kegiatan umum Karisma kepada HMJ Polsri. “kunjungan ini kita gunakan sebagai momen untuk saling memperkenalkan kepengurusan yang baru serta kami pun mesosialisasikan kegiatan rutin karisma yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Polsri yakni kajian/ceramah Islam yang akan dilaksanakan disetiap hari senin setelah sholat zuhur, Tilawah Al-Qur’an setiap hari rabu pkl. 10.00 dan pkl. 14.00 wib, serta Tahsin Qur’an setiap hari jumat ba’da sholat jumat. Tiga kegiatan ini semuanya dilaksanakan di masjid Ath-Turoiqi Polsri dan insya Allah akan kita mulai dibulan september, HMJ kami harapkan dapat membantu mesosialisasikan kegiatan ini kepada mahasiswa jurusannya masing-masing,” jelas Rizky Ramadhan menambahkan .

Selain itu, disela-sela pembicaraan Ketua Umum Karisma menawarkan kerja sama program yang diharapkan dapat meningatkan nilai-nilai kereligiusan mahasiswa Polsri. Ketua Umum LDK mengatakan bahwa sebenarnya Karisma dan HMJ memiliki kesamaan program yakni dibidang kerohanian, namun selama ini berjalan sendiri-sendiri tanpa koordinasi dikarenakan minimnya komunikasi dan sudah saatnya kini bersinergi untuk mencapai tujuan yang sama. Program yang ditawarkan oleh karisma adalah bekerja sama untuk mendata mahasiswa yang aktif datang ke masjid, karena mereka meyakini bahwa perkembangan Islam disuatu wilayah dapat dilihat dari kehidupan masjidnya. Kami meyakini bahwa tingkat kereligiusan serta kemajuan Islam di kampus kita ini dapat dilihat dari kehidupan masjidnya, berapa banyak mahasiswa yang sering mendatangi masjid, meskipun terlihat banyak di mata namun kita tidak tahu pasti berapa jumlahnya. Apakah dari seluruh jumlah mahasiswa ini lebih banyak ke masjid atau malah sebaliknya? Parameter pengukuran kami adalah sholat zuhur/jumat dan ashar di masjid Polsri karena di dua waktu sholat inilah mahasiswa pagi dan siang masih berada dikampus. Dari data inilah kita dapat melihat grafik peningkatan keaktifan mahasiswa  mendatangi masjid khususnya bagi mahasiswa laki-laki. Jika mengalami penurunan maka akan menjadi bahan evaluasi dan referensi bagi Karisma dan HMJ, kegiatan-kegiatan apa yang harus dilakukan kedepan untuk meningkatkan  kembali minat mahasiswa untuk mendatangi masjid,” ujar Elji kembali menjelaskan.

Selain itu pendataan ini juga dijadikan sebagai gerakan untuk mengajak mahasiswa sholat di masjid. Dengan cara melakukan pendataan melalui form-form kuisioner dan salah satu isi dari kuisioner tersebut adalah dalil-dalil keutamaan sholat di masjid. Rizky ramadhan menambahkan bahwa data keaktifan mahasiswa mendatangi masjid dapat dijadikan juga sebagai landasan sudah perlu atau belumnya kita untuk melakukan perluasan masjid.

Kunjungan UKM karisma ini mendapat respon positif dari HMJ-HMJ polsri. Kesembilan HMJ tersebut menyetujui untuk bekerja sama mendata mahasiswa yang aktif sholat di masjid. “Kami sangat senang dan mengapresiasi atas kunjungan UKM Karisma, kalau bisa seluruh ormawa di Polsri dapat bersinergi dalam menjadikan Polsri lebih baik lagi dan berlian,” ungkap Adhe Julian Pertananda WaGubma Teknik Kimia. Hal senada diungkapkan oleh Ahmad Burlian wakil gubernur mahasiswa jurusan akuntansi, ia menyatakan mendukung program yang dicanangkan oleh Karisma ini. “Kami sangat mendukung penuh untuk mengajak seluruh mahasiswa sholat di masjid dan mengikuti kegiatan-kegiatan di masjid,” tuturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *